Orang Tua Ikut Mengantar, 340 Siswa Baru SMKN 1 Bayah Mengikuti MPLS

Sebanyak 340 siswa baru , mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Lapangan SMKN 1 Bayah, Senin (15/7/2019).

Kegiatan MPLS diadakan selama tiga hari mulai 15 – 17 Juli 2019.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bayah , Marun mengatakan, MPLS ini dilaksanakan secara terbuka, dengan mengundang orang tua siswa.

“Kita terbuka dan mengundang orang tua siswa. Keterlibatan orang tua disini penting, agar tidak ada lagi istilah senior di sekolah dan untuk mengantisipasi perpeloncoan,” ujar Marun.

Para senior tidak lagi diberikan kesempatan memberikan materi, kepada siswa baru.

“Kalau mereka menjadi pantia MPLS terhadap siswa baru, itu pasti ada celah potensi perpeloncoan. Makanya, kita tidak mau lagi ada seperti itu dan mengikuti regulasi yang diberikan oleh pemerintah,” tambah Marun.

Para senior hanya ikut mendampingi guru yang memberikan materi.

 Salah satu tujuan MPLS ialah, agar para siswa baru bisa lebih mengenal kondisi sekolah mereka, dengan memberikan pemahaman dan materi sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.

Para siswa baru, juga  dijelaskan visi misi sekolah serta jurusan masing-masing  siswa.

Ada tujuh kompetensi keahlian di SMKN 1 Bayah yakni Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) , Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Teknik Pengelasan (TP), Elektronika Industri (ELIN)

Diharapkan dengan MPLS ini,  seluruh siswa baru dapat lebih mengenal sekolahnya, kompetensi keahlian hingga karakter sekolah yang menjadi tempatnya menuntut ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *